Sunday 21 June 2015

INSTRUMEN PENELITIAN (TKJI, Umur 16-19 tahun untuk putra)

Pentujuk Pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani
1. Lari 60 meter
a.  Tujuan
Tes ini bertujuan untuk mengukur kecepatan
b.  Alat dan fasilitas terdiri dari :
1) lintasan lurus, datar, rata, tidak licin, berjarak 60 meter dan masih                            mempunyai lintasan lanjutan;
2) bendera start;
3) peluit;
4) tiang pancang;
5) stopwatch;
6) serbuk kapur;
7) alat tulis.
c.  Petugas tes
1) Petugas keberangkatan
2) Pengukur waktu merangkap pencatat hasil
d.  Pelaksanaan
1) Sikap permulaan
              Peserta berdiri di belakang garis start.
2) Gerakan
a) Pada aba- aba “Siap” peserta mengambil sikap start berdiri, siap untuk lari ( lihat gambar 1 )
b) Pada aba-aba “Ya” peserta lari secepat mungkin menuju garis finish, menempuh jarak 60 meter.

(Sumber : Departemen Pendidikan Nasional, 2003:7)
3) Lari masih bisa diulang apabila
a) Pelari mencuri start
b) Pelari tidak melewati garis finish
c) Pelari terganggu dengan pelari yang lain
e. Pengukuran waktu
Pengukuran waktu dilakukan mulai saat bendera diangkat sampai pelari tepat melintas garis finish.
f. Pencatat hasil
1) Hasil yang dicatat adalah waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 40 meter, dalam satuan waktu detik.
2) waktu dicatat satu angka dibelakang koma.

2. Tes  Gantung Angkat Tubuh 60 Detik
a. Tujuan
Tes ini bertujuan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan dan otot bahu.
b. Alat dan fasilitas terdiri dari:
1) Lantai yang rata dan bersih
2) Palang tunggal yang dapat diatur tinggi rendahnya, sesuai dengan peserta,  palang tegangan terbuat dari besi berdiameter ¾ inci.
3) Stopwatch
4) Serbuk kapur atau magnesium karbonat;
5) Alat tulis
c. Petugas tes
1) Pengamat waktu
2) Penghitung gerakan merangkap pencatat hasil
d. Pelaksaan
1. Sikap permulaan, peserta berdiri dibawah palang tunggal, kedua tangan berpegangan pada palang tunggal selebar bahu. Pengangan telapak tangan menghadap ke arah letak kepala.
2. mengangkat tubuh dengan membengkokkan kedua lengan, sehingga dagu menyentuh atau berada diatas palang tunggal. Sikap tersebut dipertahankan selama mungkin.
3. Hasil yang dicatat adalah waktu yang dicapai oleh peserta untuk mempertahankan sikap tersebut diatas, dalam satuan detik. Peserta yang tidak dapat melakukan sikap di atas di nyatakan gagal, hasilnya ditulis dengan angka nol.




(Sumber: Departemen Pendidikan Nasional, 2003 : 10)

3. Baring Duduk 60 Detik
a. Tujuan
Tes ini bertujuan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot perut
b. Alat dan fasilitas terdiri dari
1) Lantai/ lapangan rumput yang rata dan bersih
2) Stopwatch
3) Alat tulis
4) Alas/ tikar/ matras jika diperlukan
c. Petugas tes terdiri dari
1) Pengamat waktu
2) Penghitung gerakan merangkap pencatat hasil
d. Pelaksanaan
1) Sikap permulaan
a) Berbaring telentang di lantai rumput, kedua lutut ditekuk dengan sudut ±90º, kedua tangan jari-jarinya berselang selip diletakan dibelakang kepala atas.
b) Petugas/ peserta lain memegang atau menekan kedua pergelangan kaki, agar kaki tidak terangkat.
2) Gerakan
a) Gerakan aba-aba “Ya” peserta bergerak mengambil sikap duduk sehingga keduanya menyentuh kedua paha, kemudian kembali ke sikap permulaan.





b) Gerakan ini dilakukan berulang-ulang dengan cepat tanpa istirahat, selama 60 detik.



(Sumber: Departemen Pendidikan Nasional, 2003 : 15)
Catatan :
(1) Gerakan tidak dihitung jika tangan terlepas, sehingga jari-jarinya tidak terjalin lagi.
(2) Kedua siku tidak menyentuh paha.
(3) Mempergunakan sikunya untuk membantu menolak tubuh.
e.  Pencatat hasil
1) Hasil yang dihitung dan dicatat adalah jumlah gerakan baring duduk yang dapat dilakukan dengan sempurna selama 60 detik.
2) Peserta yang tidak mampu melakukan tes baring duduk ini, diberi nilai 0 (nol).
4. Loncat Tegak
a. Tujuan
Tes ini bertujuan untuk mengukur daya ledak atau tenaga eksplosif.
b. Alat dan fasilitas terdiri dari :
1) Papan berskala centimeter, warna gelap, berukuran 30 x 150 cm, dipasang pada dinding yang rata atau tiang.
Jarak antara lantai dengan angka 0 (nol) pada skala yaitu 150 cm.
2) Serbuk kapur
3) Alat penghapus papan tulis
4) Alat tulis

c. Petugas tes         
Pengamat dan pencatat hasil
d. Pelaksanaan
1) Sikap permulaan
a) Terlebih dahulu ujung jari tangan peserta diolesi serbuk kapur atau magnesium karbonat.
b) Peserta berdiri tegak dekat dinding, kaki rapat, papan skala berada disamping kiri atau kanannya. Kemudian tangan yang dekat dinding diangkat lurus ke atas, telapak tangan ditempelkan pada papan berskala, sehingga meninggalkan bekas raihan jarinya.
2) Gerakan
a) Peserta mengambil awalan dengan sikap menekukkan lutut dan kedua lengan diayun kebelakang. Kemudian peserta meloncat setinggi mungkin sambil menepuk papan dengan ujung jari sehingga menimbulkan bekas.
b) Lakukan tes ini sebanyak 3 kali tanpa istirahat atau diselingi oleh peserta lain.


(Sumber : Departemen Pendidikan Nasional, 2003 : 18)

e. Pencatatan hasil
1) Raihan tegak dicatat
2) Ketiga raihan loncatan dicatat
3) Raihan loncatan tertinggi dikurangi raihan tegak

5. Lari 1200 meter
a. Tujuan
Tes ini bertujuan untuk mengukur daya tahan jantung peredaran darah dan pernafasan.
b. Alat dan fasilitas terdiri dari:
1) Lintasan lari 1200 meter
2) Stopwacth
3) Bendera start
4) Peluit
5) Tiang pancang
6) Alat tulis
e. Petugas tes terdiri dari:
1) Petugas keberangkatan
2) Pengukuran waktu
3) Pencatat hasil
4) Pembantu umum
d. Pelaksanaan
1) Sikap permulaan
Peserta berdiri dibelakang garis start
2) Gerakan
a) Pada aba-aba “siap” peserta mengambil sikap start berdiri, siap untuk lari.
b) Pada aba-aba “Ya” peserta lari menuju garis finish, menempuh jarak 1200 meter.
Catatan:
(1) Lari diulang bilamana ada pelari yang mencuri start
(2) Lari diulang bilamana pelari tidak melewati garis finish
 
(Sumber : Departemen Pendidikan Nasional, 2003 : 20)

e. Pencatatan hasil
1) Pengambilan waktu dilakukan mulai saat bendera diangkat sampai pelari tepat melintas garis finish.
2) Hasil yang dicatat adalah waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 1200 meter. Waktu dicatat dalam satuan menit dan detik.
                                     (Sumber : Departemen Pendidikan Nasional, 2003 : 21)


2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Entri yang Diunggulkan

“Budaya Olahraga dan Nasionalisme”

Banyak hal yang dapat diupayakan dalam memupuk dan menumbuh kembangkan semangat nasionalisme bagi masyarakat Indonesia, salah satunya mel...